Cara Memasang Antena Parabola Sendiri yang Mudah Dilakukan - Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara memasang antena parabola, silakan simak uraian berikut. Jika Anda sudah membeli antena parabola namun tidak tahu memasangnya, jangan bingung. Anda dapat memasang antena parabola sendiri tanpa harus memanggil tukang. Sebelumnya, siapkan peralatan yang akan Anda gunakan untuk pemasangan antena parabola. Di antaranya yaitu obeng, kunci inggris, kunci pas (ukuran 10, 17 dan 19), kompas, kunci ring dan jika ada angle meter. Untuk antena, Anda harus menyiapkan LNB C atau Ku Band, penyangga tiang dan dish atau parabola reflektor.



Untuk Langkah-Langkah Cara Memasang Antena Parabola, Antara Lain Yaitu

1. Pasang antena
Pasanglah tiang antena dimana saja, namun dengan syarat dish atau parabola reflektor bebas hambatan. Maksudnya dish tidak terhadap pohon-pohon, oleh sebab itu banyak yang memasang antena parabola di atas atap rumah. Pemasangannya sendiri harus tepat yaitu antena tegak lurus dan jangan sampai goyang. Jika perlu, tiang antena dapat dicor menggunakan semen lalu gunakan bracket dish di atas tiang. Pergerakan dish harus ke barat atau ke timur, untuk itu gunakan kompas agar arahnya semakin tepat.

2. Pasang penyangga LNB
Cara pasang parabola sendiri selanjutnya yaitu dengan memasang penyangga LNB dan LNB itu sendiri. pastikan LNB mengarah ke arah titik tengah dish, jangan sampai miring ke kanan atau ke kiri walau sedikit saja. Jangan lupa untuk mengencangkan baut agar pemasangan antena parabola ini kokoh. Pemasangan LNB lebih dari 1 lebih disarankan agar satelit yang tertangkap juga semakin banyak. Untuk cara memasang antena parabola yang satu ini, Anda dapat menggunakan Diseq. Dimana Anda hanya akan menggunakan 1 buah kabel saja dari banyaknya LNB yang Anda gunakan.

3. Pasang kabel antena
Selanjutnya, pasang kabel antena dengan benar dan juga kencang. Anda dapat menggunakan isolatip yang bagus untuk mencegah adanya korosi pada pangkal kabel. Kabel-kabel yang ada di penyangga LNB sebaiknya diikat agar terlihat lebih rapi. Namun jangan lupa untuk memberikan kelonggaran agar tidak mengganggu pergerakan dish.

4. Cari sinyal satelit
Cara memasang antena parabola sebenarnya sudah selesai, namun Anda dapat mencoba apakah pemasangan yang Anda lakukan benar atau tidak dengan melakukan pencarian sinyal. Agar lebih memudahkan dalam pencarian sinyal, gunakan Satelit Palapa sebagai patokan. Anda dapat menggunakan receiver untuk mencari intensitas sinyal secara otomatis.

Itulah cara memasang antena parabola sendiri yang dapat Anda coba di rumah dengan mudah. Untuk pencariannya sendiri, posisi antena harus tepat karena jika kurang tepat maka sinyal yang ditangkap lemah atau bahkan tidak tertangkap. Cukup mudah bukan cara memasang parabola ini, Anda tidak perlu takut untuk mencoba. Yang terpenting ikuti langkah-langkah di atas dengan benar dan lakukan secara hati-hati. Demikian yang dapat disampaikan mengenai cara memasang antena parabola, semoga dapat bermanfaat.