Tahukah Anda bagaimana cara pasang LNB Ku Band? Jika belum, silakan saja baca dan simak pembahasan berikut ini. Ketika Anda merakit atau memasang antena parabola, salah satu hal yang tidak boleh Anda abaikan adalah LNB (Low Noise Block). Ketika Anda membeli parabola, Anda akan mendapatkan buku panduan. Di dalam buku panduan sebenarnya sudah dijelaskan bagaimana cara memasang LNB tersebut. Namun jika Anda masih kurang paham, Anda dapat menyimak pembahasan berikut. LNB Ku Band sendiri merupakan jenis LNB yang cukup sering digunakan untuk pemasangan parabola.



LNB Ku Band merupakan LNB yang memiliki lebar berkas lebih kecil dibandingkan LNB C Band sehingga cara pasang LNB Ku Band lebih sulit. Selain itu, harganya relatif lebih mahal dan bentuknya juga sedikit lebih kecil. LNB Ku Band sendiri dibedakan menjadi 2 tipe yaitu Offset dan Prime Focus LNB. Untuk LNB Ku Band Offset biasanya memiliki rasio f/D=0,5 ke atas. Sementara Prime Focus LNB memiliki rasio f/D=0,3-0,4. Karena perbedaan rasio tersebut, pastikan Anda memilih LNB Ku Band yang sesuai dengan parabola Anda. Cara memasang LNB Ku Band prime fokus dan Offset sebenarnya tidak berbeda jauh.

Langsung Saja Berikut Ini Adalah Cara Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Memasang LNB Ku Band
Menghitung titik fokus
Cara pasang LNB Ku Band yang pertama yaitu menghitung titik fokus menurut rumus kurva parabola. Dimana titik fokusnya f (cm) adalah D (diameter) pangkat 2 dibagi dengan 16 dikalikan d (depth).

Jadi jika Anda menggunakan antena 6 kaki atau sekitar 180 cm dan depthnya 30 cm, maka f atau titik fokusnya adalah 67,5 cm dari dasar piringan antena. Sementara rasio fokus dibagi diameternya atau f/D yaitu 0,36. Hasil tersebutlah yang akan Anda gunakan untuk pemasangan LNB Ku Band parabola mesh nantinya. Aturlah ketinggian LNB agar ringnya terletak di ketinggian 67,5 cm dari dasar antena.

Setting Local Oscilator Frequency (LOF)
Receiver jenis baru banyak yang memberikan pilihan setting otomatis ketika Anda memilih Local Oscilator. Namun jika Anda menggunakan receiver lama, Anda dapat mengaturnya LOFnya menjadi 9750 dengan switch 22 Khz OFF. Atau Anda juga dapat mengatur LOFnya menjadi 10600 jika switch 22 Khz On. Dengan kata lain, cara pasang LNB Ku Band ini tergantung dari receiver yang Anda gunakan.

Setelah melakukan kedua cara tersebut, cara selanjutnya adalah mencari sinyal. Untuk pencarian sinyal, Anda dapat menggunakan sinyal C Band terlebih dahulu untuk arah kurva Timur-Barat. Ketika sudah selesai mendapatkan sinyal C Band maka Anda dapat menggantinya menjadi LNB Ku Band. Hal lain yang harus Anda perhatikan dalam cara pasang LNB Ku Band adalah frekuensi, simbol rate dan lain sebagainya.