Cara Setting Antena Parabola Sendiri dengan Teknik yang Tepat - Cara setting antena parabola sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja bagi Anda yang belum pernah melakukannya mungkin akan merasa kebingungan. Antena parabola di pasaran sendiri sangat banyak, mulai dari yang termurah sampai yang termahal. Namun ada 2 jenis dish yang digunakan yaitu prime fokus dan juga offset. Bagi Anda yang ingin menyetting antena parabola, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya yaitu mengetahui satelit mana yang dapat dikunci di daerah Anda.



Selain itu, cara pemasangan antena parabola juga harus memperhatikan jangkauan satelit. Jika Anda sudah menentukan satelit yang ingin dikunci, Anda juga harus mengecek apakah satelit tersebut terjangkau. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus mempersiapkan perangkat antena parabola secara lengkap. Berikut adalah perlengkapan yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan cara setting antena parabola:

1. 1 set antena parabola
Untuk 1 set antena parabola yang harus Anda persiapkan, antara lain yaitu:
- Jaring parabola
- Tiang penyangga LNB
- Pengatur arah parabola
- Baut
- LNB (Low Noise Block)
- Tiang penyangga LNB
- Kabel Coaxial
- Konektor
- Switch jika dibutuhkan

2. Receiver atau decoder digital parabola
Receiver digunakan untuk menampilkan sinyal yang diterima parabola di layar Televisi. Untuk jenis, tipe, merek dan harga receiver di pasaran sangat bervariasi. Untuk pembeliannya, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda.

3. Televisi
Cara setting antena parabola Anda tidak mungkin Anda lakukan jika Anda tidak memiliki televisi. Oleh sebab itu, pastikan Anda memiliki televisi yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan sinyal yang diperoleh receiver.

Jika cara memasang antena parabola sudah selesai Anda lakukan, maka Anda dapat melanjutkan dengan melakukan setting receiver parabola. Lalu, bagaimana cara menyetting antena parabola jika tidak ada sinyal? Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah mengecek apakah koneksi kabel dan receivernya terpasang dengan benar. Jika memang tidak ada masalah dan masih tidak ada sinyal maka cobalah mengecek perangkat luar. Untuk cara setting antena parabola ini biasanya dilakukan oleh kaum pria. Pasalnya pemeriksaannya harus langsung pada antena parabola yang umumnya dipasang di atas atap rumah.

Dari uraian di atas, hal penting yang harus Anda pahami adalah penyetingan parabola merupakan proses yang membutuhkan kemampuan dan teknik. Tanpa kemampuan dan teknik yang tepat, sinyal yang diperoleh oleh receiver tidak akan maksimal dan bahkan sulit untuk mendapatkan sinyal. Tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk membaca lagi buku panduan mengenai pemasangan antena parabola. Mungkin saja dari panduan yang ada dapat membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan yang mungkin Anda temui nantinya. Sekian mengenai cara setting antena parabola dan apa saja yang diperlukan.