Cara Setting CCTV Online Yang Bisa Dicek melalui HP, Laptop Atau PC -CCTV telah menjadi alat penunjang keamanan yang banyak digunakan di kantor, pabrik, toko, bahkan rumah. Kecanggihan teknologi telah membuat perangkat keamanan tersebut bisa diakses dengan lebih mudah, yaitu secara online. PC, laptop bahkan handphone dapat digunakan untuk mengawasi CCTV yang telah terhubung secara online. Cara setting CCTV online tersebut akan sangat memudahkan kita untuk mengawasi aset-aset yang dimiliki walaupun tidak sedang berada di tempat.



Cara Setting Tersebut Dilakukan Melalui Beberapa Tahapan Yang Meliputi

1. Persiapan perangkat
Cara setting CCTV online membutuhkan beberapa perangkat yang meliputi kamera CCTV jenis analog, DVR, Switch Hub, serta koneksi internet. Kamera analog tersebut kemudian dihubungkan dengan DVR menggunakan kabel UTP maupun coaxial. Perangkat DVR lalu dihubungkan dengan switch hub dengan memakai kabel UTP. Modem+router dan access point kemudian disambungkan pada switch hub. Jika menggunakan router maupun modem yang sudah dilengkapi dengan switch hub serta wi-fi access point, maka DVR dapat dihubungkan secara langsung.

2. Mempersiapkan nama domain
Cara setting CCTV online di android maupun laptop dan PC membutuhkan nama domain. Beberapa nama domain yang sesuai dengan keinginan bisa dipilih untuk kemudian didaftarkan. Untuk pemilihan nama domain dari layanan DDN service dapat diperoleh baik secara gratis ataupun berbayar. Nama domain tersebut kemudian diisikan ketika melakukan setting modem. Setelah itu, data yang ada juga akan diisikan pada saat melakukan pengaturan DVR.

3. Mengatur Port Forwarding
Port forwarding digunakan dalam cara setting CCTV online untuk membelokkan suatu port ke host yang dituju. Langkah pertama dalam pengaturan port forwarding adalah login atau masuk ke dalam modem. Kemudian dari menu application kita bisa mengklik untuk masuk ke menu dari port forwarding. Baru kemudian port yang akan diforward bisa ditambahkan. Langkah terakhir adalah mengisi IP Device dari tujuan.

4. Setting DVR
Saat melakukan pengaturan DVR pada cara setting CCTV online, perlu dilakukan pengisian beberapa data. Data-data tersebut meliputi Local IP Address dan port. ‘192.168.1.100’ menjadi kode yang diisikan pada Local IP Address dan ‘80’ diisikan untuk port. Cara setting CCTV online dengan DVR juga memerlukan pengaturan Network DDNS yang dilakukan dengan langkah-langkah seperti pengisian awal, meliputi username, hostname, lalu password dan data-data lainnya. Kemudian dilakukan pengisian data DNS Server yang bisa ditemukan melalui login pada WAN di modem.

Pemeriksaan koneksi baik itu pada DVR maupun pada laptop, PC dan handphone perlu dilakukan untuk mengetahui apakah cara setting CCTV online tersebut sudah berfungsi. Koneksi lokal juga perlu diperiksa menggunakan IP address. Setelah semua perangkat berfungsi dengan baik dan koneksi internet bekerja, maka pengawasan CCTV secara online melalui laptop, PC dan handphone pun dapat segera dimanfaatkan.