Cara Setting DNS di Android Yang Membuat Akses Internet Lebih Cepat - DNS yang merupakan singkatan dari Domain Name System, adalah sistem yang berfungsi menyimpan informasi nama host serta nama domain di dalam bentuk distributed database pada jaringan komputer. DNS akan menterjemahkan alamat IP menjadi nama domain serta sebaliknya. Dengan adanya DNS ini, pengguna dipermudah untuk melakukan akses pada sebuah situs, karena alamat situs tersebut berupa nama dan tidak lagi berbentuk angka-angka. Dengan adanya layanan internet pada sebuah smartphone, maka cara setting DNS di android menjadi sebuah kebutuhan.



Sebuah smartphone umumnya telah memiliki DNS server. Tetapi kecepatan internet yang lambat terkadang harus disiasati dengan mengganti DNS tersebut dengan DNS lain yang memiliki kualitas serta kecepatan lebih baik. Cara setting DNS di android tanpa aplikasi mungkin bisa dilakukan. Tetapi beberapa aplikasi gratis di Google PlayStore juga dapat digunakan sebagai cara setting DNS di android dengan mudah. Aplikasi tersebut diantaranya adalah Set DNS.

Setting DNS Menggunakan Aplikasi Ini Dapat Dilakukan Melalui Beberapa Tahapan

1. Membuka aplikasi Set DNS
Cara setting DNS di android diawali dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Set DNS dari Google Play Store. Ada beberapa aplikasi untuk merubah DNS yang bisa ditemukan dalam Google Play Store. Set DNS merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah. Jika aplikasi tersebut telah terinstal, maka kita akan diminta untuk memilih root. Klik ‘grant’ dalam pemilihan tersebut, sehingga aplikasi dapat dijalankan untuk mengubah DNS.

2. Memilih DNS
Langkah berikutnya dalam cara setting DNS di android adalah dengan memilih ‘dropdown’ yang kemudian muncul pada layar. Setelah itu, terlihat beberapa DNS yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Selain untuk mempercepat koneksi internet, penggantian DNS juga bisa dilakukan untuk membuka situs-situs yang diblokir, proteksi terhadap virus, ataupun untuk membuka situs internet tanpa sensor. Jika tujuan Anda melakukan setting DNS android manual ataupun dengan aplikasi adalah untuk mempercepat koneksi, maka Open DNS ataupun DNS Google bisa jadi pilihan.

3. Mengaktifkan DNS
Langkah selanjutnya adalah menggunakan custom DNS serta menginput DNS nawala agar terhindar dari blokir yang dilakukan oleh ISP. Setelah pemilihan DNS selesai, maka pengaktifan bisa dilakukan dengan cara mengklik ‘apply’. Dengan melakukan langkah terakhir ini, maka DNS android yang lama pun telah digantikan dengan DNS baru yang membuat koneksi internet menjadi lebih cepat.

Aplikasi Set DNS yang digunakan sebagai cara setting DNS di android ini merupakan sebuah aplikasi yang gratis. Jika Anda mengharapkan aplikasi yang lebih unggul, maka versi pro yang berbayar bisa diunduh. Walaupun menjadi aplikasi gratis, tetapi Set DNS ini terbukti cukup mudah digunakan. Dengan waktu yang tidak begitu lama, aplikasi ini mampu membuat smartphone android Anda memiliki koneksi internet yang lebih cepat.