Cara Setting DVR CCTV Hingga Dapat Langsung Digunakan - DVR merupakan singkatan dari Digital Video Recorder. Perangkat ini berfungsi untuk merekam gambar-gambar yang dikirimkan kamera CCTV. Penyimpanan tersebut menggunakan media digital seperti harddisk, kartu memori ataupun USB Flash. Selain menyimpan, DVR juga memiliki kemampuan kontrol ataupun pengaturan terhadap kualitas gambar, resolusi video, format video, backup, jaringan internet, network dan pengaturan-pengaturan lainnya. CCTV yang terhubung dengan jaringan internet memerlukan cara setting DVR CCTV agar bisa online.



Tetapi Secara Umum Cara Setting DVR CCTV Dapat Dlakukan Dengan Langkah Langkah Berikut Ini

1. Menghubungkan DVR ke hardisk
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara setting DVR CCTV adalah melakukan instalasi kabel coaxial ke konektor BNC. Setelah itu, casing DVR dibuka agar dapat memasangkan hardisk ke dalamnya. Langkah berikutnya adalah memasang kabel SATA yang berasal dari DVR ke hardisk. Lakukan juga pemasangan kabel power atau listrik SATA. Jika batu Cimos belum terdapat pada mainboard DVR, maka lakukan pemasangannya sebelum menutup kembali cassing DVR.

2. Pemasangan kamera CCTV dan menghubungkannya dengan DVR
Cara setting DVR CCTV berikutnya adalah meletakkan kamera CCTV analog pada tempat-tempat yang diinginkan. Saat pemasangan ini perlu disesuaikan panjang dari kabel dengan jarak antara CCTV dengan DVR. Setelah dilakukan pemasangan, maka kabel coaxial dari CCTV dapat disambungkan dengan DVR. Untuk supply listrik, maka kabel power dapat disambungkan ke MDF dari Power Supply pada CCTV.

3. Menghubungkan kabel VGA
Jika DVR sudah terhubung dengan kamera CCTV, maka kabel VGA dapat dipasang dari monitor menuju port VGA yang ada di DVR. Lakukan juga pemasangan kabel power pada monitor sehingga aliran listrik dapat terhubung, sebelum menekan tombol on di monitor. Cara setting DVR CCTV berikutnya adalah memasang mouse USB ke DVR melalui port USB. Kemudian hubungkan kabel power pada DVR dengan aliran listrik. Selanjutnya switch on tombol power yang ada pada DVR.

4. Menghubungkan CCTV dengan jaringan internet
Jika CCTV akan dihubungkan dengan jaringan internet, maka perlu dilakukan beberapa langkah lagi. Cara setting DVR CCTV online dilakukan dengan menghubungkan DVR menggunakan kabel LAN ke switch hub yang sudah terkoneksi dengan modem. Pengaturan dari Networks DDNS juga harus dilakukan pada DVR. Beberapa data kemudian perlu di input saat DVR di setting, seperti host name, username dan juga password.

Setelah seluruh pemasangan dilakukan, maka kamera CCTV dapat langsung dihidupkan. Pengecekan tetap diperlukan untuk mengetahui apakah semua perangkat berfungsi dengan baik. Permasalahan yang mungkin ada pada kamera CCTV, DVR maupun kabel-kabel perlu diperiksa. Setelah pemeriksaan dilakukan, maka bisa diyakini bahwa cara setting DVR CCTV telah dilakukan dengan baik dan benar.