Untuk meningkatkan keamanan berbagai asset yang dimiliki, kita dapat memanfaatkan CCTV yang terhubung ke jaringan internet. Keunggulan menggunakan teknologi ini adalah dimungkinkannya gambar-gambar yang ditangkap oleh kamera CCTV dilihat secara live melalui laptop, PC, smartphone ataupun gadget yang lain. Mensetting DVR H.264 ke internet umumnya menggunakan dyndns. Padahal cara setting DVR ke internet tanpa dyndns dapat membuat koneksi internet menjadi lebih cepat.



Cara Melakukan Setting DVR Tanpa DynDNS

Cara setting DVR ke internet tanpa dyndns sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. DVR AVTech dengan IP Public yang didapatkan dari Firstmedia digunakan dalam setting tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam setting menggunakan Firstmedia tersebut adalah menginput IP network yang digunakan untuk local DVR. Port yang terdapat pada CCTV juga harus di input terlebih dahulu.

Setelah melakukan input tersebut, langkah berikutnya yang termasuk dalam cara setting DVR ke internet tanpa dyndns adalah melakukan akses terhadap modem cisco. Akses ini dapat dilakukan menggunakan salah satu browser yang ada pada perangkat yang terkoneksi internet. IP Gateway juga perlu di-insert, karena akan diperlukan saat menyesuaikan setting perangkat DVR.

Jika kemudian muncul perintah untuk mengisi username maupun password pada beberapa kolom, maka kolom-kolom tersebut tidak perlu diisi saat itu. Kosongkan dahulu username serta passwordnya dan lanjutkan setting ke langkah berikutnya. Cara setting DVR CCTV ke android dan perangkat lainnya yang menggunakan koneksi internet berikutnya adalah masuk ke menu setup, untuk kemudian memilih Advanced Setting. Anda dapat memilih Port Forwarding pada tahapan ini.

Perintah memasukkan IP dari CCTV local akan Anda dapatkan pada langkah berikutnya. Yang harus dilakukan hanyalah memasukkan IP tersebut secara benar. Bagian start port maupun end port harus diisi dengan memasukkan angka 9080. Setelah mengisi bagian start port maupun end port, maka langkah berikutnya dari cara setting DVR ke internet tanpa dyndns adalah dengan mencentang ‘enable’ serta ‘both’.

Tahapan berikutnya adalah dengan melakukan perintah yang terdapat di baris kedua. Perintah ini akan membimbing Anda untuk mengisi kolom dengan IP dan kode yang sesuai. Kali ini start port maupun end port harus diisi dengan angka 8090. Setelah selesai, maka pengecekan bisa mulai dilakukan. Pengecekan ini dapat dilakukan melalui Firstmedia ataupun speedy dengan menginput IP public yang menjadi milik Anda sendiri.

Cara setting DVR ke internet tanpa dyndns memang cukup mudah. Tetapi saat melakukannya, data-data yang berupa kode angka harus dimasukkan secara tepat. Jika semua data sudah dimasukkan dan setting telah selesai dilakukan, maka secara otomatis tayangan dari kamera CCTV-pun dapat dilihat secara langsung menggunakan berbagai perangkat yang terhubung ke jaringan internet.