Trik Jitu Cara Setting GPS Android, Praktis dan Hemat Pulsa - General Positioning System atau lebih dikenal dengan sebutan GPS adalah cara untuk mengetahui posisi pada peta dunia yang sangat akurat. GPS telah digunakan sejak lama untuk keperluan militer maupun sipil. Saat ini, perangkat GPS telah menyatu dengan smartphone dan memiliki cara setting GPS Android yang cukup mudah. Namun demikian, masih banyak orang yang belum menggunakan aplikasi GPS pada smartphone yang digunakan karena menganggap akan menguras banyak pulsa internet.



Akses Data GPS Dengan Cara Online

Menggunakan GPS bisa dilakukan dengan smartphone dengan aplikasi GPS Android secara online. Atau terhubung dengan jaringan internet untuk mengakses dan mengambil data GPS yang berupa data navigasi. Data yang diambil akan berupa tampilan yang dapat digunakan oleh pengguna yang mengaksesnya. Data navigasi ini diambil dari server sehingga memerlukan koneksi internet secara langsung dalam prosesnya, yang tentu saja akan membutuhkan pulsa internet.

Akses GPS Dengan Cara Offline

Selain menggunakan cara online, aplikasi GPS Android offline yang lebih hemat pulsa juga bisa kita gunakan. Meskipun sama-sama menggunakan pulsa internet, namun akan lebih hemat, karena kita hanya perlu download data navigasi GPS dan menyimpan pada memori internal maupun eksternal smartphone yang kita gunakan. Dengan demikian, kita hanya perlu akses data sekali saja ketika melakukan download data yang akan membuat kita lebih hemat.

Cara Menggunakan GPS Pada Smartphone Android

Untuk aplikasi pada smartphone android, kita bisa menggunakan GPS yang telah memiliki Google Map dalam aplikasi lengkapnya. Google Map Navigation sangat cocok karena aplikasi yang ada biasanya telah terinstal secara otomatis saat kita membelinya. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, kita perlu mengaktifkan GPS yang ada. Berikut ini cara setting GPS Android untuk mengaktifkan aplikasi GPS yang ada pada smartphone android kita.

1. Pilih “Menu” kemudian “ Setting ”, lalu “Location dan pilih “My location”. Pada pilihan my location akan tampil dua pilihan. Use Wireless Network bisa Anda gunakan bila menggunakan data GPS berbasis BTS dan Wifi. Lalu, pilihan Use GPS Satellite bisa Anda gunakan bila Anda ingin mendapatkan data yang lebih akurat karena menggunakan sinyal satelit. Pilih cara setting GPS Android yang paling cocok menurut Anda.

2. Setelah Anda menentukan jenis yang sesuai lalu pilih “Pencarian Lokasi agar GPS Android aktif dan bisa digunakan. Setelah aktif, cara setting GPS Android berikutnya adalah dengan membuka aplikasi Maps. Setelah itu, Anda tinggal menggunakan fitur pada Maps hingga Anda bisa menemukan posisi Anda dan jalan paling efektif menuju tempat tujuan Anda. Agar kita bisa melihat secara offline, kita pilih “Make Available Offline” lalu pilih “Done”.

Cara setting GPS Android memang sangat mudah dan praktis. Dengan menggunakan mode offline selain lebih hemat, kita juga tetap bisa akses peta saat melewati daerah yang memiliki koneksi tidak stabil. Untuk hasil yang lebih baik dan akurat, sebaiknya pada saat kita mengaktifkan GPS kita berada di area terbuka dibawah langit langsung. Karena apabila terhalang, akurasi akan menurun atau bahkan bisa tidak terdeteksi pada peta.