Cara Setting GPS Tracker Pada Kendaraan Bermotor Atau Mobil - GPS tracker adalah alat yang berfungsi untuk memberikan petunjuk lokasi dimana kendaraan yang terpasang GPS berada. GPS tracker dibutuhkan sebagai perangkat keamanan guna menghindari pencurian atau penyalahgunaan kendaraan. Jenis dan type GPS tracker sendiri ada bermacam-macam. Anda bisa mendapatkan paket GPS Tracker sekaligus pemasangan atau membeli secara terpisah untuk dipasang sendiri. Agar bisa memakai GPS tracker dengan baik, tentu Anda harus mengetahui cara setting GPS tracker.



Tahapan Cara Setting GPS Tracker Untuk Kendaraan Bermotor Atau Mobil

Sebelum melakukan cara instalasi GPS Tracker, Anda sebaiknya melakukan pengecekan terhadap kelengkapan perangkat serta menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pemasangan GPS pada mobil atau kendaraan Anda. Perangkat GPS tracker biasanya terdiri atas GPS, set kabel power, 1 unit relay dan socketnya, perangkat tombol SOS, seperangkat mikrofon serta buku petunjuk penggunaan yang berisi cara setting GPS tracker. Setelah itu Anda bisa menyiapkan obeng, gunting, tang dan sejenisnya.

Cara penggunaan GPS tracker mensyaratkan adanya kartu yang telah diaktivasi serta memiliki jumlah pulsa internet yang cukup serta pulsa yang memadai untuk melakukan SMS serta panggilan SOS. Pilihlah kartu yang bisa dilakukan pengecekan pulsa dengan mudah baik melalui website maupun SMS. Pastikan juga bahwa kartu yang akan Anda gunakan terkoneksi dengan baik untuk internet. Ada baiknya Anda mengecek dahulu sambungan internet menggunakan kartu tersebut.

Cara setting GPS tracker selanjutnya adalah pemasangan kartu atau simcard pada perangkat GPS Anda. Pasang simcard pada saat GPS dalam posisi off. Jika kartu telah terpasang dengan benar, maka hidupkan GPS. Perhatikan lampu indikator pada GPS untuk baterai, sinyal maupun perangkat aktif atau tidaknya GPS. Pastikan semua lampu indikator menyala normal sesuai jenis GPS sebelum Anda melakukan penyetingan. Setelah itu lakukan penyetingan dengan mengirimkan SMS sesuai format yang ada.

Cara setting GPS dengan mengirimkan SMS maksudnya adalah, mengirimkan sms sesuai provider yang digunakan. Kemudian menyetting server atau DNS GPS tersebut. Lalu aktivasikan GPRS untuk GPS sesuai provider. Selanjutnya daftarkan nomor SOS dari GPS ke handphone Anda. Nomor HP untuk pengontrol GPS juga didaftarkan. Selain itu atur juga interval data GPRS Anda ke server. Kemudian lakukan pengaturan waktu dan sensor getar.

Cara setting GPS telah selesai, sekarang tinggal melakukan instalasi atau pemasangan GPS pada kendaraan atau mobil Anda. GPS juga bisa dipasang pada alat berat, truk, bus dan lain sebagainya milik perusahaan Anda. Cara mengetahui posisi mobil melalui GPS tracker bisa dilakukan dengan handphone, atau melalui web tracking. Jangan lupa selalu rutin mengecek pulsa pada GPS Anda dan kondisi baterai, agar GPS selalu dapat berfungsi dengan baik.