Cara Setting HT Alinco DJ W10 Untuk Mengatur Mode Operasi dan Frekuensi - HT Alinco DJ W 10 merupakan alat komunikasi yang diproduksi oleh perusahaan Alinco asal Jepang. Produk ini menjadi salah satu HT terbaik yang ada di dunia saat ini. Pembuatannya dilakukan dengan teknologi yang telah mapan, dan semua produknya telah lolos uji kualitas. Dengan menggunakan HT ini, Anda akan merasakan banyak keuntungan. HT yang tahan dipakai selama bertahun-tahun adalah salah satu keuntungan tersebut. Cara setting HT Alinco DJ W10 yang mudah menjadi keuntungan lainnya.



Cara Setting Mode Operasi Dan
Mode operasi dari HT Alinco tipe DJ W10 dapat menggunakan mode VFO ataupun Channel. Beberapa parameter setting akan berbeda untuk kedua mode tersebut. Kedua setting tersebut dapat dilakukan melalui program komputer maupun secara manual. Jika Anda melakukan setting menggunakan program komputer, maka langkah pertama yang dilakukan sebagai cara setting HT Alinco DJ W10 adalah dengan memasuki menu ‘General Setting’, lalu mengklik ‘Display Mode’. Disini Anda bisa memilih mode VFO ataukah mode Channel.

Cara setting Alinco DJW10 secara manual dilakukan dengan memasuki ‘Display Mode’ pada HT. Tombol [D] bisa digunakan untuk melakukan peralihan dari mode VFO ke mode Channel dan sebaliknya. Jika menggunakan mode Channel, Anda bisa memilih ‘memori mode/Freq+Channel’ untuk melakukan setting. Anda dapat memasukkan frekuensi yang diinginkan dengan memilih ‘frequency + Mode Channel’. Selain menampilkan frekuensi yang berupa angka, nama seseorang juga bisa ditampilkan pada layar dengan memilih ‘memory mode/name tag+channel number’.

Pada mode VFO atau mode frekuensi, maka tampilan yang bisa dilihat hanyalah nilai atau angka dari frekuensi. Pada mode ini, nomer-nomer numerik dari frekuensi dapat langsung dimasukkan. Cara setting HT Alinco DJ W10 tersebut adalah dengan menekan [D] untuk berpindah ke mode VFO, lalu memasukkan angka atau nilai frekuensi yang terdiri dari 6 digit. Jika dilakukan perubahan frekuensi, maka nilai yang terakhirlah yang akan digunakan. Frekuensi terakhir ini tetap akan tersimpan walaupun HT dimatikan.

Cara setting HT Alinco DJ W10 juga mampu membantu menggunakan mode radio komersial. Caranya adalah dengan memilih mode ‘CH’ pada layar. Selain scanning, semua pengaturan mode ini harus menggunakan program komputer. Pengaturan-pengaturan tersebut meliputi frekuensi, DTMF encode, Beep on/off serta kunci keypad. Pada mode ini, nama pemilik frekuensi juga dapat ditampilkan di layar LCD bersama dengan nilai frekuensinya.

Baik itu menggunakan keypad secara manual ataupun dengan program komputer, cara setting HT Alinco DJ W10 akan sama mudahnya. Pada semua mode operasi yang dipilih, setting untuk merubah mode operasi tetap bisa dilakukan. Frekuensi yang digunakan adalah frekuensi FM yang telah resmi. Pemilihan frekuensi tersebut harus dilakukan dengan berhati-hati agar tidak mengganggu pengguna lainnya.