Cara Setting HT Firstcom FC-08, FC-138, FC-438 Dan FC-01G - HT Firstcom FC-08 merupakan HT yang mempunyai 128 channel dengan 5watt daya output. Baterai yang digunakan merupakan baterai Li-ion 1500 mAh. Baterai ini mampu bekerja selama kurang lebih 10 jam. Frekuensi yang bisa digunakan adalah VHF dan UHF. Adapun cara setting HT Firstcom tipe FC08 ini sama dengan cara setting HT Firstcom FC 138, FC 438 dan FC 01G.



Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Dengan Baik Ketika Melakukan Setting Tersebut

1. Menu
Cara setting HT Firstcom dari berbagai tipe tersebut dilakukan dengan melalui menu yang diakses dengan menekan [F] dan kemudian [9SEL]. Menu tersebut dapat diubah-ubah dengan menekan panah atas maupun bawah. Menu utama HT ini diantaranya adalah APO, BATSAV dan DW. APO merupakan menu yang mengatur HT untuk mati secara otomatis pada waktu yang telah diset. BATSAV merupakan menu untuk menghemat baterai. Sedangkan DW memungkinkan frekuensi untuk pindah ke sinyal masuk dari radio FM.

2. Mode VFO dan Mode Memori
Mode VFO merupakan mode yang digunakan untuk memasukkan frekuensi secara manual. Sedangkan mode memory berfungsi untuk mengakses frekuensi yang telah tersimpan di channel. Kedua mode ini dapat dilihat secara bergantian dengan menekan tombol [V/M]. HT Firstcom mampu menyimpan frekuensi hingga berjumlah 128. Memori yang lebih dulu tersimpan dapat tertimpa oleh frekuensi baru, jika dipergunakan channel yang sama.

Cara setting HT Firstcom dengan memasukkan frekuensi diawali dengan masuk ke mode VFO. Kemudian memori yang akan dimasukkan dapat langsung diketik menggunakan keypad. Jika muncul huruf F di layar yang berkedip, maka Anda harus menekan tombol [F]. Setelah itu tentukan nomer untuk channel dengan cara menekan panah atas maupun bawah. Setelah frekuensi dimasukkan pada channel yang diinginkan, Anda bisa menekan [V/M] untuk menyimpannya.

3. Memberi Nama
Pemberian nama pada channel yang telah menyimpan nomer frekuensi dapat dilakukan untuk memudahkan pengguna. Cara setting HT Firstcom seperti ini dilakukan dengan menggunakan mode Mem-only. Langkah pertama adalah dengan mematikan HT, lalu menghidupkannya kembali sambil menekan [F], sampai terlihat ‘ALLRST (F0)’. Kemudian tekan panah atas sebanyak 3x sampai muncul M-ONLY(F3). Tekan [F] sekali sampai muncul RESET, lalu tekan [F]lagi. Jika muncul ‘CH-xxx’, maka nama bisa diberikan. Jika pemberian nama telah selesai, maka [F] dapat ditekan untuk menyimpannya.

Cara setting HT Firstcom yang telah dilakukan dapat di-reset untuk mengembalikannya ke setting awal yang diatur oleh pabrikan. Full reset bisa digunakan untuk memulihkan perangkat HT yang mengalami error. Harga HT firstcom FC-08, FC-138, FC-438 dan FC 01G yang tidak murah memang mampu memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya. HT inipun dapat dihubungkan dengan komputer untuk melakukan setting menggunakan software.