Cara Setting HT Motorola CP1660 Menggunakan Keypad Manual - HT atau Handy Talky merupakan alat komunikasi yang masih banyak digunakan oleh layanan keamanan maupun perusahaan. Alat komunikasi yang menggunakan gelombang radio ini tidak membutuhkan pulsa. Motorola merupakan salah satu pabrikan yang memproduksi berbagai tipe HT, salah satunya adalah CP1660. HT ini menggunakan baterai Li-ion yang mampu bertahan hingga 16 jam. HT Motorola CP 1660 VHF berada pada frekuensi 136-174 MHz. Cara setting HT Motorola Cp1660 cukup mudah dan dapat dilakukan secara manual menggunakan keypad.



Sebelum melakukan setting, HT Motorola CP 1660 yang berada pada kondisi Off perlu dihidupkan. Cara menghidupkannya adalah dengan meng-On kan HT, kemudian menekan tombol yang berada di samping bawah dari tombol ‘Monitor’. Tekan tombol tersebut sebanyak 6x. Langkah berikutnya adalah memilih opsi ‘Dealer’ dengan cara menggeser tanda panah ke kanan. Terakhir tekan PTT dan matikan kembali HT. Setelah mati, maka setting frekuensi dapat dilakukan.

Setting Tersebut Dilakukan Dengan Cara Dan Langkah Berikut

1. Melakukan pengisian frekuensi RX
Saat HT dalam kondisi Off, tekan lalu tahan tombol ‘Monitor’ dan On-kan HT. Pilih Channel dengan cara menekan panah ke kanan. Kemudian tekan PTT. Langkah berikutnya dari cara setting HT Motorola Cp1660 adalah memilih frekuensi RX dengan menekan panah ke kanan, lalu tekan kembali PTT. Pemilihan Channel kemudian dapat dilakukan. Setelah channel dipilih, tekan lagi PTT dan ketik frekuensi yang ingin dimasukkan. Setelah selesai, PTT ditekan dan HT kembali di Off-kan.

2. Melakukan pengisian frekuensi TX
Cara setting HT Motorola Cp1660 untuk pengisian frekuensi TX juga dimulai dengan menekan serta menahan tombol ‘Monitor’, lalu menghidupkan HT. Langkah berikutnya adalah memilih Channel seperti pada pengisian frekuensi RX. Setelah PTT ditekan, TX Frekuensi dipilih kemudian PTT ditekan lagi. Setelah itu frekuensi dapat diisikan. Langkah terakhir adalah dengan menekan PTT dan mematikan HT.

3. Mengisi RPL dan TPL
Untuk mengisi RPL, HT yang Off ditekan serta ditahan tombol ‘Monitor’-nya, kemudian di On-kan. Opsi Channel dipilih dengan menekan panah ke kanan yang diikuti dengan menekan PTT. Selanjutnya pilih ‘RX TPL’ dengan cara menekan tombol panah ke kanan dan diikuti dengan menekan PTT lagi.

Lakukan pemilihan channel tempat RPL akan diisikan. Setelah selesai tekan kembali PTT. Cara setting HT Motorola Cp1660 untuk pengisian RPL ini sama dengan pengisian TPL. Yang membedakan adalah pemilihan TX PL untuk menggantikan RX TPL.

Pada cara setting HT Motorola Cp1660 ini, tidak hanya 1 channel yang dapat difungsikan. Beberapa Channel dapat diisi dengan memasukkan frekuensi-frekuensi yang diinginkan. Setelah semua Channel terisi, baru HT dapat dimatikan. Frekuensi-frekuensi yang telah berada dalam channel tidak akan terhapus walaupun HT dimatikan. Frekuensi tersebut hanya akan hilang jika kita memasukkan frekuensi baru pada channel yang sama.