Cara Setting Modem ZTE Untuk Operator Indosat dan Telkomsel - Modem ZTE merupakan salah satu modem yang cukup digemari saat ini. Modem ini memiliki berbagai varian tipe yang bisa digunakan sesuai keinginan Anda. Selain memiliki banyak varian modem ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Untuk koneksi internet, modem ZTE bisa dikatakan cukup lancar dan stabil. Karena sifatnya yang unlock, maka bisa digunakan berbagai jenis kartu sesuai selera. Cara setting modem ZTE juga mudah dan praktis untuk dilakukan.



Install Modem ZTE

Untuk menggunakan modem ZTE pada perangkat computer, kita perlu menginstall modem ZTE terlebih dahulu. Cara install modem ZTE cukup mudah, Anda bisa pasang modem pada perangkat computer. Kemudian computer akan mendeteksi adanya hardware baru dan meminta Anda untuk melakukan instalasi driver software. Lakukan langkah yang ada hingga selesai, karena biasanya driver telah tersedia dalam modem yang Anda pasang.

Apabila karena satu dan lain hal, terjadi kerusakan atau driver tidak ditemukan, Anda bisa download driver modem ZTE melalui web resmi yang ada. Lakukan download sesuai dengan tipe modem yang Anda miliki agar modem bisa bekerja optimal. Meskipun terkadang, modem ZTE juga dapat bekerja dengan driver yang berbeda tipe. Setelah proses instalasi modem selesai, cara setting modem ZTE bisa kita lakukan untuk langkah selanjutnya.

Setting Modem ZTE

Cara setting modem ZTE biasanya bisa dilakukan secara otomatis setelah instalasi. Simcard akan terdeteksi dan dengan klik pada “Connect” maka sambungan internet dengan menggunakan modem bisa kita dapatkan sesuai dengan simcard atau operator yang kita gunakan. Namun demikian, bila dibutuhkan, kita bisa melakukan setting modem dengan cara manual. Berikut ini cara setting modem manual yang bisa kita lakukan untuk modem ZTE.

1. Pastikan modem yang Anda gunakan telah terinstal dengan baik pada perangkat computer yang Anda gunakan. Untuk memeriksanya, masuk Windows, kemudian Control Panel, lalu Devices Manager, lalu klik pada Modem. Lalu pilih pada “ZTE Proprietary” Anda bisa memeriksa apakah modem bisa digunakan. Bila ada masalah, Anda bisa melakukan install ulang pada driver ZTE hingga bisa berfungsi dengan baik.

2. Langkah berikutnya adalah dengan setting modem setelah modem berhasil terinstal. Cara setting modem ZTE dilakukan dengan cara manual pada menu setting di software modem. Pertama setelah modem dipasang akan keluar tampilan modem ZTE kemudian masuk ke “Setting”. Secara umum, ada empat isian yang wajib diisi, yaitu untuk “Username”, “Password”, “Dial Number”, dan “APN”. Isi sesuai dengan konfigurasi simcard yang digunakan.

Cara setting modem ZTE memiliki konfigurasi yang berbeda tiap operator. Untuk Indosat, kosongkan Username dan Password, lalu pada Dial Number isi *99# dan pada APN tuliskan indosatgprs. Untuk kartu Telkomsel, pada username dan password dikosongkan, dan dial number diisi *99#, pada APN diisi dengan tulisan Telkomsel, khusus untuk Flash isikan flash pada APN. Ada kemungkinan dial number *99# tidak bisa digunakan, maka kita bisa mengganti dengan *99***1#, semoga berhasil.