Cara Setting Opsi Pengembang Android Untuk Kinerja Lebih Cepat - Bila kinerja smartphone berbasis Android Anda lambat dan tidak responsive ada beberapa hal yang perlu Anda amati untuk mengetahui penyebabnya. Namun demikian, bila Anda merasa tidak melakukan perubahan dan menginstal aplikasi berlebihan, Anda bisa meningkatkan kinerja dengan cara setting Opsi Pengembang Android yang ada di Smartphone Anda. “Opsi Pengembang” pada Android juga dikenal dengan istilah “Developer Option”.



Setting Opsi Pengembang Android

Cara setting Opsi Pengembang Android bisa dilakukan dengan mudah, namun demikian, sebaiknya berhati-hati saat melakukannya. Dengan memasukan konfigurasi yang tidak tepat, maka Smartphone bisa mendapatkan beban kerja yang lebih tinggi dan akan menjadi lebih lambat dan tidak responsive. Karena itu, Anda perlu mengingat atau mencatat konfigurasi Opsi Pengembang Android sebelum melakukan perubahan. Berikut ini setting untuk meningkatkan kinerja Opsi Pengembang Android.

1. Pertama buka Setting pada Smartphone Android, lalu cari dan masuk ke “Opsi Pegembang” atau Developer Option. Setelah masuk, Anda bisa melakukan perubahan yang diinginkan untuk meringankan kinerja smartphone. Untuk meringankan kinerja, kita bisa mengubah setting yang ada, dengan menurunkan level beberapa fitur yang digunakan. Langkah selanjutnya adalah melakukan setting ulang fitur Opsi Pengembang Android.

2. Untuk fitur yang bisa di setting ulang yaitu “Windows Animation Scale”, lalu “Transition Animation Scale’, dan “Animator Duration Scale”. Ketiga fitur ini bisa Anda setting dengan level yang lebih rendah agar lebih ringan, misalkan pada level “Animation scale .5x”. Namun bila Anda tidak begitu membutuhkan fitur ini, Anda bisa melakukan disable agar lebih ringan dan kinerja bisa meningkat drastic.

3. Cara setting Opsi Pengembang Android selanjutnya adalah pada “Force GPU rendering”, setting pada Force use of GPU for 2d drawing lalu beri centang. Lalu pada “Force 4x MSSA” lakukan setting Enable 4x MSSA in OpenGL ES 2.0 apps dan beri tanda centang. Lalu pada “Disable HW overlays” setting pada Always use GPU for screen composting lalu beri tanda centang. Untuk langkah selanjutnya kita bisa mengurangi aktifitas smartphone.

4. Untuk mengurangi aktifitas aplikasi Android, cara setting Opsi Pengembang Android yang dilakukan adalah pada APPS. Centang pada pilihan “Don’t keep activities” dan “Show all ANRs”, lalu pada “Background process limit” setting pada At most 3 processes. Untuk mengetahui dan merasakan perbedaan dari perubahan setting yang ada, Anda bisa melakukan restart smartphone yang telah Anda setting.

Cara setting Opsi Pengembang Android untuk beberapa versi mungkin akan sedikit berbeda, namun demikian akan memiliki kemiripan. Untuk OS Android dari versi 4.2 dan yang lebih muda, “Opsi Pengembang” tidak bisa ditemukan dengan mudah karena disembunyikan. Untuk itu, Anda terlebih dahulu harus membuka fitur Opsi Pengembang untuk dapat melakukan setting. Opsi pengembang disembunyikan dalam versi baru agar android lebih aman dari kesalahan yang mungkin terjadi.
,-