Cara Setting Parabola Untuk Chanel Lebih Lengkap - Bagian yang sering bermasalah pada parabola adalah bagian antenna dan receiver yang bisa menyebabkan hilangnya chanel yang ada. Untuk antenna, perubahan posisi yang mengganggu tertangkapnya sinyal bisa terjadi karena benturan dan angin kencang. Namun demikian dengan mengembalikan pada posisi semula akan membaik. Cara setting parabola pada receiver yang sesuai bisa dilakukan untuk mengembalikan chanel yang hilang karena masalah pada receiver.



Setting Receiver Parabola

Cara setting parabola yang praktis bisa kita lakukan sendiri tanpa teknisi. Namun demikian, kita harus mengetahui jenis receiver yang kita miliki agar setting yang dilakukan bisa lebih sempurna dan berhasil. Cara setting receiver parabola untuk jenis mpeg4 dan HD tentu akan berbeda antara merek satu dan lainnya. Apalagi bila Anda memiliki receiver model lama jenis Matrix Receiver mpeg2 tentu akan lebih menyulitkan karena sudah jarang yang menggunakan hingga akan kesulitan untuk melakukan setting.

Sebelum melakukan setting receiver, ada baiknya kita mengidentifikasi masalah yang timbul agar diketahui penyebab yang ada. Masalah yang timbul biasanya ditentukan oleh cara setting antenna, instalasi, maupun setting receiver yang ada. Kemungkinan yang lain adalah beberapa chanel memang telah pindah frekuensi, sehingga perlu setting manual receiver parabola untuk mendapatkan chanel tersebut. Berikut ini cara setting parabola yang mungkin dilakukan untuk mengembalikan chanel hilang.

1. Pertama tekan Menu lalu pilih “Buat Saluran” lalu akan muncul daftar isian pada “Satelit” pilih satelit yang diinginkan, misalkan Palapa C2. Untuk daftar isian lain Anda bisa merubah sampai mendapatkan intensitas dan kualitas sinyal yang penuh atau hampir penuh 100%. Lalu pada bagian cari atau search pilih “Semua” untuk mencari semua chanel yang mungkin. Setelah selesai lalu tekan “Exit” dan semua saluran yang ada bisa Anda nikmati.

2. Untuk menambah satelit, cara setting parabola bisa dilakukan melalui receiver dengan menggunakan remote. Caranya yaitu, tekan pada “Menu” lalu pada tampilan ambil pilihan “Tambah Satelit” lalu tekan “OK”. Setelah tampilan baru keluar, Anda bisa menamai satelit baru sesuai keinginan lalu tekan tombol “Menu” untuk melakukan penyimpanan. Arah parabola akan menentukan kekuatan sinyal yang didapat sesuai dengan satelit yang terhubung.

3. Cara setting parabola pada receiver juga bisa dilakukan menggunakan teknik mencari otomatis untuk mendapatkan chanel. Caranya pilih “Menu”, setelah keluar tampilan tekan “Pencarian Otomatis” lalu pilih OK. Setelah tampilan berikutnya muncul, Anda bisa pilih satelit dan mode pencarian. Tunggu scanning selesai lalu tekan “OK” dan “Exit” untuk menyimpan chanel yang didapat dari scan otomatis.

Cara setting parabola manual tanpa teknisi terkadang tidak berhasil dengan baik. Apabila terjadi, maka kita perlu memeriksa beberapa hal dengan teliti. Pertama periksalah instalasi kabel yang ada, pastikan kabel terhubung dengan sempurna. Kemudian cek arah antenna untuk mendapatkan sinyal maksimal pada receiver. Langkah terakhir adalah cek jenis receiver, bila masih menggunakan mpeg2, akan lebih baik bila Anda melakukan upgrade receiver.