Cara Setting Power Audio Mobil 4 Channel yang Dapat Anda Lakukan Sendiri - Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara setting power audio mobil 4 channel yang baik dan benar? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, silakan saja simak pembahasan berikut ini. Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara yang benar dalam setting power audio mobil 4 channel. Dengan mengetahui cara-cara berikut ini, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pengaturan power audio mobil. Jangan hanya asal dalam melakukan settingnya karena jika dilakukan sembarang dapat menyebabkan risiko terjadinya kerusakan.



Cara setting audio mobil sendiri ini penting untuk Anda ketahui dan pelajari. Tentunya agar Anda tidak terlalu dimanjakan oleh toko-toko pemasangan audio mobil. Dimana banyak orang yang sering datang ke toko pemasangan audio mobil hanya untuk melakukan setting audio mobil sederhana. Untuk itu, belajarlah mengenai cara setting power audio mobil 4 channel yang baik dan benar. Sehingga untuk melakukan setting audio yang sederhana cukup Anda lakukan sendiri di rumah. Sebelum membahas mengenai cara setting audio mobil secara lebih lanjut, ketahui istilah Gain.

Gain jika di power audio mobil adalah input sensitivitas yang satuannya berupa Volt. Posisi terendah untuk Gain yaitu dengan nilai V paling tinggi atau lebih dari 2 Volt. Sementara tertingginya atau terbesarnya yaitu dengan nilai V yang paling rendah atau kecil yaitu lebih dari 1. Tujuan melakukan cara setting power audio mobil 4 channel pada Gain ini yaitu untuk mencari signal to noise ratio terbaik. Cara mudah untuk mengatur Gain yaitu dengan menyetel volume di head unit sebanyak 75 persen. Selain atur semua balance/EQ/loudness/fader di posisi 0.

Cara setting power audio mobil 4 channel selanjutnya yaitu setel lagu favorit dan putarlah gain yang ada di power audio mobil. Putar sampai mengeluarkan suara yang tidak enak didengar, lalu mundur sedikit sampai audio mobil mengeluarkan suara yang enak didengar. Suara tersebutlah yang akan menjadi suara maksimal yang akan dikeluarkan oleh audio mobil Anda. Sementara 75 persen volumenya sebaiknya tidak ditambah-tambah lagi. Jangan lupa untuk melakukan set xover dulu terlebih dahulu di HPF 80 atau 100 hz sebelum melakukan cara setting equalizer audio mobil tersebut.

HPF sendiri adalah meneruskan frekuensi yang lebih tinggi. Misalnya saja seperti pengaturan HPF 80 hz, maka frekuensi yang di atas 80 hz yang dapat diteruskan. Selain HPF, Anda juga akan sering mendengar LPF jika membahas mengenai power audio mobil. LPF sendiri adalah meneruskan frekuensi yang lebih rendah. Misalnya saja LPF 80 hz, maka yang diteruskan adalah frekuensi yang di bawah 80 hz. Jika power audio 4 channel digunakan untuk mengangkat speaker depan dan coaxial maka cara setting power audio mobil 4 channel yaitu HPF 80 sampai 100 hz.