Cara Setting Proxy Server di Android Secara Manual dan Menggunakan Aplikasi - Bagi Anda yang sedang mencari cara setting proxy server di android, baca uraian berikut. Proxy sendiri merupakan server yang menyediakan layanan dalam meneruskan setiap permintaan para client. Dengan menggunakan proxy, identitas komputer Anda berupa IP komputer menjadi tersembunyi. Untuk yang terdeteksi oleh internet yaitu alamat proxy, tidak heran jika proxy banyak digunakan untuk menyembunyikan identitas.  Keuntungannya yaitu dapat menghindari pemblokiran akses dari komputer ke server internet. Oleh sebab itu device ini banyak digunakan oleh orang-orang yang mengunjungi situs-situs yang tidak dapat dikunjungi. Sementara untuk cara setting proxy server di android sendiri ada 2 cara, yaitu cara manual dan cara dengan menggunakan aplikasi.



Untuk Cara Settingan Manual, Caranya Sangat Sederhana

1. Masuk ke menu Pengaturan
Langkah awal untuk setting proxy di android yaitu dengan masuk ke menu Pengaturan atau Settings. Setelah itu Anda dapat menghidupkan Wifi di android Anda dan carilah koneksi hotspot terdekat. Cara ini sebenarnya tidak sulit jika dibandingkan dengan cara setting proxy di Mozilla.

2. Pilih tanda lebih besar
Selanjutnya, pada wifi yang sudah Anda pilih tersebut maka cari dan pilih tanda lebih besar (>) yang biasanya ada di kanan.

3. Pilih Proxy
Jika Anda sudah melakukan cara tersebut, langkah selanjutnya yaitu cari Proxy dan pilih manual. Cara setting proxy server di android selanjutnya yaitu dengan mengisi IP Address dari Proxy Server yang ingin Anda gunakan. Jangan lupa juga untuk mengisi port dan juga alamat website yang tidak ingin dilewatkan.

4. Lakukan penyimpanan
Jika sudah selesai, lakukan penyimpanan dengan mengklik tombol Save atau OK.

Itulah cara setting proxy server di android secara manual, lalu untuk cara dengan menggunakan aplikasi yaitu:

1. Download aplikasi
Langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu download aplikasi di Playstore. Untuk pencariannya, silakan saja cari dengan kata kunci VPN. Maka kemudian akan muncul banyak pilihan dan Anda dapat memilih sesuai keinginan Anda.

2. Instal aplikasi
Misalnya saja Anda memilih Batternet, Anda dapat segera menginstalnya di android Anda. Jika proses instalasinya sudah selesai, Anda dapat memulai cara setting VPN di android.

3. Jalankan aplikasi
Langkah berikutnya yaitu menjalankan aplikasi yang sudah Anda download dan instal tersebut. Jika sudah maka akan muncul pilihan Connect dan Anda dapat memilihnya untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Jika Anda sudah menjalankan aplikasi tersebut, maka Anda dapat mencari di browser mengenai server yang diblokir. Namun Anda juga harus mendukung penggunaan aplikasi tersebut dengan kuota dan sinyal yang memadai. Jika kuota Anda tidak mencukupi atau sinyalnya lemah, maka Anda tidak akan bisa menggunakan aplikasi tersebut. Itulah yang dapat disampaikan bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara setting proxy server di android, semoga bermanfaat.