Tahapan Cara Setting Router TP LINK yang Mudah - Cara setting router TP LINK yang mudah dan sederhana akan dibahas di bawah ini. Jadi untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara mensettingnya maka Anda dapat menyimak pembahasan berikut ini. Setelah Anda paham, Anda dapat mencoba cara-cara mensetting router TP LINK di bawah ini. Cara-cara di bawah ini tidak terlalu rumit untuk mengonfigurasikan baik sebagai hotspot atau sebagai client. Sebelum melakukan penyettingan, pilih topologi apa yang paling tepat untuk Anda gunakan.



Langsung Saja, Berikut Adalah Cara Mensetting Wifi TP-LINK Secara Mudah

1. Setting alamat komputer
Langkah pertama untuk setting router TP LINK yaitu mengatur alamat komputernya. Dimana Anda dapat mengatur alamat IP komputer Anda dengan 192.168.1.2. Pasalnya dalam kondisi yang masih default biasanya TP LINK router sudah memiliki alamat 192.168.1.1. Perlu diingat, dalam sebuah jaringan tidak boleh ada perangkat yang memiliki alamat IP yang sama.

2. Buka browser
Cara setting router TP LINK selanjutnya, bukalah browser di komputer Anda dan ketikkan alamat IP router TP LINK. Silakan ketik 192.168.1.1 di Address bar lalu tekan enter. Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan password dan juga user name. Isilah keduanya dengan admin, yaitu user name admin dan passwordnya juga admin. Setelah itu Anda dapat mengganti alamat IP router sesuai keinginan Anda, misalnya saja menjadi 192.168.2.1 dan alamat komputer menjadi 192.168.2.2.

3. Pilih menu Network
Jika Anda sudah selesai dengan cara setting router TP LINK tersebut, Anda dapat melanjutkan dengan masuk ke menu Network. Setelah itu pilih LAN dan isikan subnet masknya dengan 255.255.255.0, lalu pilih OK.

4. Restart router
Selanjutnya, Anda dapat merestart router dengan masuk ke menu System Tools lalu pilih Reboot. Setelah itu, Anda dapat menunggu sampai proses restartnya selesai berlangsung dan kondisi router seperti awal pemakaian.

5. Pilih Quick Setup
Cara setting router TP LINK berikutnya yaitu dengan masuk ke interface administrator dan pilih Quick Setup. Lalu setelah itu Anda dapat memilih Next dan isi settingan sesuai data berikut:
- Wireless radio : Enable
- SSID : TP LINK (Dapat disesuaikan dengan keinginan anda)
- Region : Indonesia
- Channel : 6
- Mode : 54Mbps

6. Setting gateway
Cara reset router TP LINK sama mudahnya dengan cara setting yang satu ini. Selanjutnya, Anda dapat mengatur Gateway dan juga DNS yaitu dengan memilih Network lalu pilih WAN.

Setelah melakukan cara-cara tersebut, jangan lupa untuk mengatur keamanan apakah dapat digunakan oleh siapa atau dibatasi. Selain itu Anda juga harus mengatur DHCP agar client dapat memperoleh IP Address secara otomatis. Caranya yaitu masuk ke Menu DHCP lalu pilih DHCP Setting dan isi range DHCP. Misalnya saja Anda membuat range 192.168.2.3 sampai 192.168.2.7, maka selain IP tersebut tidak akan diberi izin akses oleh router. Jangan lupa untuk menyimpan semua langkah atau cara setting router TP LINK tersebut lalu Reboot routernya.